Kamis, 19 April 2012

MAKALAH LANGKAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN


           
                     
                                                          
Langkah Perencanaan Pembelajaran
MAKALAH
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
                                                                                  Komunikasi Pembelajaran Yang Mendidik

Oleh
RIZAD JEFERSON BOBOY
NIM : 140 151 1007


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PPGT)
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG







































BAB 1

PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang

Perencanaan pembelajaran merupakan tahapan penting yang harus dilakukan guru sebelum mereka melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dan untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran. Pembelajaran bukan sekedar aktivitas rutin pendidikan tetapi merupakan komunikasi edukatif yang penuh pesan, sistemik, prosedural, dan sarat tujuan. Karena itu, ia harus dipersiapkan secara cermat.
Perencanaan pembelajaran adalah suatu proses pembuatan rencana, model, pola, bentuk, kunstruksi yang melibatkan, guru, peserta didik, serta fasilitas lain yang dibutuhkan yang tersusun secara sitematis agar terjadi proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan


2.      Rumusan Masalah

1.      Apa Pengertian dari Perencanaan Pembelajaran ?

2.      Apa bsaja Kerangkah Kerja dalam Perencanaan Pembelajaran ?

3.      Apa saja Aspek dalam Perencanaan Pembelajaran ?

4.      Apa saja Syarat Perencanaan Pembelajaran ?

5.      Apa Fungsi, Peranan & Wujud Perencanaan Pembelajaran ?




3.      Tujuan Masalah

1.      Menjelaskan Pengertian Perencanaan Pembelajaran

2.      Mengetahui Kerangkah Kerja dalam Perencanaan Pembelajaran

3.      Mengetahui Aspek dalam Perencanaan Pembelajaran

4.      Mengetahui Syarat Perencanaan Pembelajaran

5.      Mengetahui Fungsi dan Wujud dari Perencanaan Pembelajaran



BAB II

PEMBAHASAN

A.     PENGERTIAN

Perencanaan pembelajaran merupakan tahapan penting yang harus dilakukan guru sebelum mereka melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dan untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran. Pembelajaran bukan sekedar aktivitas rutin pendidikan tetapi merupakan komunikasi edukatif yang penuh pesan, sistemik, prosedural, dan sarat tujuan. Karena itu, ia harus dipersiapkan secara cermat.

Perencanaan pembelajaran adalah suatu proses pembuatan rencana, model, pola, bentuk, kunstruksi yang melibatkan, guru, peserta didik, serta fasilitas lain yang dibutuhkan yang tersusun secara sitematis agar terjadi proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan

B.     Berikut ini gambaran kerangka kerja dalam merencanakan pembelajaran dengan menggunakan segitiga kurikulum ;

1.      Isi

Isi artinya topik apa yang terdapat dalam kurikulum yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan kelas berdasarkan pada latar belakang, kemampuan, dan keragaman peserta didik.

2.      Proses

Proses adalah bagaimana isi kurikulum itu diajarkan, dengan memanfaatkan berbagai metode dan sumber belajar yang didasarkan pada cara belajar peserta didik agar dapat terpenuhi kebutuhan pembelajarannya.

3.      Lingkungan
Lingkungan yaitu penggunaan sumber belajar dalam proses pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan psiko-sosial peserta didik. Peserta didik dapat belajar dengan baik jika mereka kreatif, aktif, dan kegiatannya berdasarkan pada pengalaman peserta didik. Guru yang mengetahui dan memahami keadaan ini dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam perencanaan pembelajaran.
C.    7 Aspek Persiapan dalam Perencanaan Pembelajaran

1.      Persiapan Terhadap Situasi
Mencakup tempat, suasana ruangan kelas, dan lain-lain. Dan pemahaman situasi umum harus dimiliki sebelum guru mengajar di dalam kelas, sehingga dengan pengetahuan tersebut guru dapat membuat ancang- ancang terhadap variabel faktor masalah dan menghadapi situasi kelas.
2.      Persiapan Terhadap Siswa yang di Hadapi

Sebelum guru mengajar ia harus mengetahui keadaan siswa tersebut, atau dengan kata lain guru harus membuat gambaran yang jelas mengenai keadaan siswa yang akan dihadapi. Selain dari faktor internal siswa tersebut, seorang guru juga harus mengetahui taraf kematangan serta pengetahuan umum dan khusus yang dimiliki siswa.
3.      Persipan dalam Tujuan Umum Pembelajaran

Menyangkut tujuan instruksional apa yang akan dicapai oleh para siswa, dan yang harus dimiliki seorang guru, antara lain : pengetahuan, kecakapan, keterampilan atau sikap tertentu yang konkret, yang bisa di ukur dengan alat- alat evaluasi.
4.      Persiapan Terhadap Bahan Pelajaran yang digunakan

Dengan adanya pengetahuan yang akan dihadapkan kepada siswa, guru memiliki persiapan yang akan disampaikan kepada siswa dengan memperhatikan batas-batas, luas dan urutan-urutan pengajaran yang diperlukan.
5.      Persiapan tentang Metode Belajar yang digunakan

metode ceramah
metode tanya jawab atau diskusi
6.      Persiapan dalam Penggunaan Alat Praga

Misalkan kapur dan papan tulis, penghapus, dan sebagainya. Alat peraga dapat menjadi media komunikasi yang baik pada saat proses belajar berlangs.
7.      Persiapan dalam Teknik Evaluasoi

Tujuan evaluasi adalah sampai sejauh mana daya serap siswa terhadap produk bahasan yang guru terapkan. Evaluasi menggunakan teknik  yaitu Teknik nontes & tulis.

D.    Syarat Perencanaan Pembelajaran

Yang dimaksud syarat perencanaan pembelajaran adalah seperangkat pengetahuan atau syarat seorang perancang pembelajaran, yaitu:

1.      Memiliki Kemampuan Analitik
Kemampuan menganalisa adalah kemampuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran dalam rangka memprediksi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran.
2.      Memiliki Kemampuan Pengembangan

Kemampuan pengembangan adalah kemampuan untuk memilih, menetapkan, dan mengembangkan strategi pembelajaran yang paling optimal untuk mencapai hasil yang diinginkan.

3.      Memiliki Kemampuan Pengukuran
Daya Kemampuan pengukuran adalah kemampuan untuk menetapkan tingkat keefektifan, efisiensi, dan tarik rancangan pembelajaran. Kemampuan ini meliputi memilih, menetapkan, dan mengembangkan alat ukur yang paling tepat untuk mengukur pencapaian tujuan/indikator.
E.     Fungsi , Peranan & Wujud Perencanaan Pembelajaran

Fungsi perencanaan pembelajaran adalah merupakan alat yang dapat digunakan untuk membentuk, mempola, membuat model, dan mengkonstruksi proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Adapun peranan perencanaan pembelajaran, yaitu :
           1. Pelaksanaan pengajaran menjadi baik dan efektif
Yang dimaksud adalah maka seorang guru bisa memberikan materi pelajaran dengan baik karena ia harus dapat menghadapi situasi di dalam kelas secara mantap, tegas dan fleksibel.
          2. Seseorang akan tumbuh menjadi seorang guru yang baik
Yang di maksud adalah guru membuat persiapan yang baik dan adanya pertumbuhan berkat pengalaman dan akibat dari hasil belajar yang terus menerus.
WUJUD PERENCANAAN PEMBELAJARAN

            Yang menjadi wujud perencanaan pembelajaran antara lain :
1.      Silabus
     Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus bermanfaat sebagai pedoman pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian. Prinsip pengembangan silabus adalah: ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, dan menyeluruh.
Komponen adalah bagian yang merupakan syarat untuk terbentuknya sesuatu yang utuh sebagai sistem. Silabus yang juga merupakan sistem membutuhkan komponen sebagai syarat terbentuknya. Komponen silabus adalah:  Identifikasi,  Standar Kompetensi,  Kompetensi Dasar,  Materi Pokok,  Pengalaman Belajar,  Indikator,  Penilaian,  Alokasi Waktu,  Sumber/Bahan/Alat
Langkah-langkah itu adalah:  Mengisi Kolom Identifikasi,  Mengkaji dan Menentukan Standar Kompetensi,  Mengkaji dan Menentukan Kompetensi Dasar,  Mengidentifikasi Materi Pokok,  Mengembangkan Pengalaman Belajar, Merumuskan Indikator,  Menentukan Jenis Penilaian,  Menentukan Alokasi Waktu, Menentukan Sumber Belajar. Untuk keperluan pembuatan silabus, sebenarnya harus melalui tahapan sebelumnya. Tahapan tersebut adalah: memetakan kompetensi, membuat pekan efektif, program tahunan (prota), dan program semester (promes), dan silabus.
2.       Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) :
                 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.



















BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Perencanaan Pembelajaran sangat penting bagi seorang guru sebelum guru melakukan proses belajar mengajar karena dengan menyusun perencanaan pembelajaran guru bisa mengetahui apa yang akan dia lakukan dalam proses belajar tersebut dan juga guru dapat memahami dan mencermati seperangkat pengetahuan yang perlu dimiliki oleh seorang guru yang terkait dengan perencanaan pembelajaran yang meliputi : konsep tujuan, tujuan sebagai instrumen pengukuran, komponen-komponen tujuan pembelajaran, serta manfaat tujuan pembelajaran, selain itu  seorang guru juga memahami dan mencermati hal-hal yang berhubungan dengan sumber belajar dalam rangka merencanakan pembelajaran yakni meliputi : apa arti media pembelajaran dan bagaimana memilih media pembelajaran.
Sehingga dengan sendirinya tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.

















Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar